SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS
(SDGs)



SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) adalah cetak biru 17 masalah pokok kesejahteraan sosial dari PBB; seruan mendesak ke seluruh negara untuk ikut dalam pencapaian masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan dalam mengatasi tantangan global seputar masalah kemiskinan, ketidaksetaraan, iklim, degradasi lingkungan, serta perhatian pada masalah-masalah perdamaian dan keadilan.

Dalam konferensi “Religions and the Sustainable Development Goals (SDGs): Listening to the Cry of the Earth and of the Poor” di Vatikan tahun 2019, Paus Fransiskus menekankan bahwa jangan sampai kita membawa sistem ekonomi yang hanya berfokus pada pertumbuhan materi, yang mengeksploitasi lingkungan dan sesama manusia dengan tidak rasional, tetapi harus juga didukung oleh tujuan etis, perubahan sikap, dan kepedulian terhadap perubahan ekologis seperti yang telah diserukan oleh Paus Yohanes Paulus II.

Berlandaskan sila kelima Pancasila, Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) mengangkat tema Pastoral Evangelisasi 2020 “Amalkan Pancasila: Kita Adil, Bangsa Sejahtera”, yang menekankan bahwa setiap lapisan masyarakat berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk mencapai kesejahteraan. Pemaparan filosofis dan sosial mengenai arah Evangelisasi KAJ di “Tahun Keadilan Sosial” ini menjadi pondasi Seminar Fruitful Business tahun 2020, “Menuju Indonesia yang lebih sejahtera”.

“Sustainability” bukanlah cliché; FB 2020 akan membawa kita untuk lebih mendalami makna “lebih” dari kata sustainable (berkelanjutan) itu sendiri; untuk mendengarkan bagaimana ekosistem bisnis dan model bisnis mulai berevolusi pada era digitalisasi ini; bagaimana kesadaran akan pentingnya pengaruh “sustainability” terhadap sebuah brand dan bottom line profit pada sebuah perusahaan dan bisnis jika tidak ingin tertinggal atau ditinggalkan oleh khalayak yang semakin kritis. Untuk itu, dibutuhkan aktivitas berkelanjutan dan model bisnis perusahaan yang dapat berkontribusi dalam merangkul aspek kehidupan sosial untuk menciptakan social enterprises secara berkelanjutan.

Melalui FRUITFUL BUSINESS 2020, kita diingatkan kembali untuk memberdayakan iman kita dalam berkarya. Dengan kesadaran untuk berbagi, Tuhan akan menggenapi usaha kita dan melipatgandakan hasilnya, seperti mukjizat “5 roti dan 2 ikan” dalam Injil. Diharapkan, iman dan usaha yang berjalan berdampingan akan menghasilkan bisnis yang berbuah (Fruitful Business).

Melalui diskusi panel dalam seminar ini, kita akan memperoleh pengertian yang lebih tentang sustainability, yang dapat memberikan kita pedoman bagaimana mengorientasikan aktivitas berkelanjutan menjadi terarah, terukur dan berkesinambungan, serta kita dimampukan menjadi pelaku bisnis yang lebih bertanggung jawab dalam upaya perwujudan Indonesia sebagai bangsa yang lebih adil dan sejahtera.

17 PILAR SDGs :



Tanpa kemiskinan,
Tanpa kelaparan,
Hidup sehat dan sejahtera,
Pendidikan berkualitas,
Kesetaraan gender,
Kelayakan air bersih dan sanitasi,
Energi bersih dan terjangkau,
Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, Industri, Inovasi dan infrastruktur,
Berkurangnya kesenjangan,
Kota dan komunitas berkelanjutan,
Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab,
Penanganan perubahan iklim,
Perlindungan ekosistem laut,
Pengelolaan ekosistem daratan,
Perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh, dan
Kemitraan untuk mencapai tujuan.
FB2020_seed-white

WHAT THEY SAY ABOUT SUSTAINABILITY

PT Golden Energy Mines Tbk
We are GOOD Miners
GEMS menerapkan "good mining practice", berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan hidup untuk mengurangi dampak negatif dari aktivitas pertambangan dan memastikan kegiatan pertambangan yang dilakukan sejalan dengan AMDAL dan taat pada regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah.
We are RESPONSIBLE Miners
Sadar akan pentingnya pengadaan konservasi lingkungan yang berkelanjutan dengan melakukan reboisasi dan penanaman pohon di lahan yang terganggu aktivitas pertambangan untuk mengurangi resiko terjadinya erosi.
Social Enterprise
Pelaksanaan social enterprise kepada masyarakat sekitar tambang yang merupakan bagian dari visi – misi kami untuk menciptakan kesetaraan ekonomi antara perseroaan dengan masyarakat sekitar tambang dan meningkatkan IPM masyarakat sekitar tambang untuk mengurangi gap dengan IPM nasional
Stakeholders Value Creation
Berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi karyawan dan pihak-pihak terkait di bidang manajemen lingkungan dan terus melakukan perbaikan fasilitas dan infrastruktur yang terkait dengan manajemen lingkungan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Membangun hubungan kerja yang harmoni dan berkelanjutkan bisa didapatkan dari komunikasi terbuka secara dua arah dan mengutamakan etik kerja yang menjunjung tinggi hak asasi manusia tanpa diskriminasi suku, agama, ras, atau pandangan politik


Video and photos are courtesy from PT Sinarmas Mining

"Kerjakan dengan bahasa cinta, karena itu yang diinginkan setiap orang terhadap dirinya, cinta akan membawa pertanggungjawaban, masyarakat akan disiplin sendiri jika ia sudah mengenal bagaimana ia mencintai dirinya, lingkungan dan Tuhan.”

-- Joko Widodo, Presiden RI