FB2020_seed-white

SEP SHEKINAH & SEPEx

Sekilas sejarah Sekolah Evangelisasi Pribadi Shekinah dan SEP Eksekutif Shekinah

SHEKINAH berarti manifestasi nyata dari kemuliaan Allah.

Sekolah Evangelisasi Pribadi Shekinah pada awalnya dirintis oleh Romo Moderator BPK PKK KAJ saat itu, Pastor L. Sugiri van den Heuvel SJ. Pada tahun 1986, beliau mengikuti kursus Misi Evangelisasi di Amerika sebagai peserta. Saat itu beliau melihat bahwa kursus ini bisa membawa dampak yang sangat positif bagi pertumbuhan iman umat di Jakarta, maka beliau berinisiatif untuk mendapatkan ijin untuk menterjemahkan buku “Mission Evangelization” dan mengembangkan kursus ini di Indonesia. Buku ini disusun oleh Pastor Robert Deshaies, Chet Stokloza dan Susan W. Blum pada tahun 1985 dan diterbitkan oleh Catholic Evangelism Press.

Pada tahun 1987 Rm Sugiri mengadakan pelatihan singkat untuk mempersiapkan beberapa orang pewarta awam Katolik yang terpanggil untuk melayani dalam karya evangelisasi. Maka pada tahun 1988, dimulailah SEP angkatan pertama. Kuasa Roh Kudus sungguh nyata berkarya bahwa dalam kurun waktu 27 tahun kursus ini berkembang dengan pesat, terutama karena manfaatnya yang dirasakan secara nyata oleh umat Katolik. Sekolah Evangelisasi Pribadi yang semula hanya dibuka untuk umum, menjadi semakin lengkap dengan lahirnya SEP Mudika pada tahun 2003 dan SEP Eksekutif (SEPEx) pada tahun 2006.

SEPEx menyapa kalangan pengusaha dan profesional Katolik. Para alumni SEP dari berbagai angkatan kini bergabung dalam Keluarga Alumni Sekolah Evangelisasi (KELASI). Saat ini Sekolah Evangelisasi Pribadi (SEP) Shekinah merupakan salah satu badan pelayanan yang berada dibawah koordinasi dari Bidang Evangelisasi di dalam BPK PKK KAJ (Badan Pelayanan Keuskupan Pembaruan Karismatik Katolik Keuskupan Agung Jakarta) dengan Romo Y Chris Purba, SJ sebagai Romo Moderator.

Kata 'PRIBADI' memiliki arti mengajak umat untuk lebih dahulu menerima dan menghayati 'Kabar Baik' bagi dirinya sendiri, dengan menghadirkan Kristus secara nyata dalam hidupnya sehari-hari. Maka dengan menerima Kabar-baik, seseorang diajak untuk menghayati Rahmat Pembaptisan yang telah diterimanya dan mengalami suatu pembaruan dalam segala aspek kehidupannya. Buah-buahnya ialah umat Katolik yang mengalami pembaruan, menjadi seorang ayah dan ibu yang lebih baik, anak dan saudara yang lebih baik, pekerja dan pengusaha yang lebih baik, seorang Katolik yang lebih baik. Maka melalui kesaksian hidupnya, umat diajak, untuk kemudian membagikan “Kabar-Baik’ yang telah diterimanya dari pribadi ke pribadi dengan membagikan kesaksian (‘sharing’) iman. Mereka juga umumnya menjadi sadar akan tugas panggilan untuk melayani Tuhan dan sesama.


--


SEKOLAH EVANGELISASI PRIBADI SHEKINAH
Kompleks Duta Merlin Blok B 41-43, Jl. Gajah Mada 3-5 - Jakarta Pusat 10130
Telp. 021 634 3478 | Fax. 021 633 3308

Romo Moderator: Y. Chris Purba, SJ.